Friday, August 12, 2016

Adapter Cards




Adapter card atau kartu ekspansi adalah sebuah papan sirkuit cetak yang dapat disisipkan ke sebuah slot adapter dari motherboard komputer untuk menambahkan sebuah fungsi tertentu. Kontak ini kemudian menyediakan kontak elektris antara sirkuit terpadu (IC) dari kartu ekspansi dengan sirkuit terpadu dari mother board. fungsi adapter card untuk menyediakan koneksi antara kartu dengan peralatan eksternal. Beberapa kartu seperti kartu grafis NVidia GeForce FX dan beberapa kartu grafis GeForce terbaru membutuhkan dua slot adapter.




Tujuan utama dari adapter card adalah menyediakan atau mengembangkan fitur tersebut yang tidak ditawarkan oleh motherboard.

Dalam hal perluasan kemampuan on-board, motherboard dapat menyediakan port serial RS232 tunggal atau port Ethernet. Kartu ekspansi dapat diinstal untuk menawarkan beberapa port RS232 atau beberapa port Ethernet dan bandwidth yang lebih tinggi. Dalam hal ini, motherboard ini menyediakan fungsionalitas dasar tapi kartu ekspansi menawarkan port tambahan atau ditingkatkan.

PCI Slot: slot PCI dapat menangani 64 bit data pada satu waktu, dua kali lebih cepat slot ISA, yang hanya dapat menangani 32 bit data pada satu waktu. PCI adalah sebuah singkatan untuk “Peripheral Component Interconnect” Sebuah slot PCI 64-bit memiliki 64 sambungan ke motherboard, dan sambungan setiap yang mampu menangani 1 bit data sekaligus.. Sebuah slot ISA 32-bit memiliki 32 koneksi ke motherboard, masing-masing menangani satu bit data pada satu waktu.
Sebagai teknologi perubahan, adapter card baru tersedia. Ini termasuk video card, yang memungkinkan monitor dapat terhubung ke komputer, sound card, yang memungkinkan speaker dan mikrofon yang akan terhubung ke komputer, dan network card, yang memungkinkan komputer akan dihubungkan bersama-sama.

Jenis adapter card

1. Sound card
2. Video card
3. VGA card
Sumber :




 Kartu Suara (Sound Card)


Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
  • Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire
Sound Blaster Live !
Salah satu contoh sound card yang terbilang sangat sukses di pasaran indonesia adalah Sound Blaster, dari Creative Labs.
Untuk memainkan musik MIDI, pada awalnya menggunakan teknologi FM Synthesis, namun sekarang sudah menggunakan Wavetable Synthesis Sedangkan untuk urusan digital audio, yang dulunya hanyalah 2 kanal (stereo), sekarang sudah menggunakan 4 atau lebih kanal suara (Surround). Kualitas nya pun sudah meningkat dari 8 bit, 16 bit, 24 bit, 32 bit, bahkan sampai sekarang sudah 64 bit.

Cara Kerja

Ketika anda mendengarkan suara dari sound card data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.
Ketika anda merekam suara lewat microphone. suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3.

 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_suara

Video Card (Kartu Video)

Sebuah kartu video digunakan untuk mengolah gambar sehingga mereka dapat ditampilkan pada monitor Anda. Sebuah kartu video yang bagus dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas grafis Anda, jadi ini sangat penting jika Anda bermain game atau bekerja dengan fotografi dan video.

Sebuah kartu video terhubung ke motherboard dari sistem komputer dan menghasilkan output gambar untuk ditampilkan. Kartu video juga disebut sebagai kartu grafis. Kartu video termasuk unit pengolahan, memori, mekanisme pendinginan dan koneksi ke perangkat layar. baca juga perangkat keras untuk mengakses internet
Pengertian Video Card (Kartu Video) dan Fungsinya

Untuk relatif sistem komputer low-end, kemampuan untuk membuat gambar output dapat diintegrasikan ke dalam motherboard atau central processing unit (juga disebut CPU). Namun, jika Anda ingin menonton film atau bermain game di komputer Anda, Kartu video khusus sangat meningkatkan kualitas grafis. Untuk gamer yang serius, kartu video berkualitas tinggi mungkin hanya menjadi bagian paling penting dari sistem komputer - itu adalah suatu keharusan untuk rendering grafis 3D pada khususnya.

Sebuah kartu video adalah papan sirkuit cetak (seperti motherboard) dan berisi unit pengolahan sendiri dan memori. Hal ini seperti semacam komputer itu sendiri. Ini pada dasarnya mengambil beban off CPU motherboard dan memori untuk memproses gambar. Unit pengolahan pada kartu video disebut sebagai graphics processing unit (GPU).
Hal ini sangat mirip dengan CPU, tetapi desain dioptimalkan untuk bekerja dengan gambar. Memori pada kartu video sangat mirip dengan memori biasa random-access (atau RAM) pada motherboard. Sebuah kartu video terhubung ke motherboard dari sistem komputer menggunakan slot, biasanya sebuah Graphics Port Accelerated (AGP) atau koneksi Peripheral Component Interconnect Express (PCIe).

Kartu video performa tinggi menghasilkan panas. Oleh karena itu kartu video perlu menggunakan heat sink, yang terdiri dari strip logam untuk mendistribusikan panas secara merata dan mengusir panas ke udara sekitar. Sebuah heat sink sering terletak tepat di atas GPU. Kadang-kadang penggemar ditambahkan untuk pendinginan tambahan.

2 comments: